unas
pioneering transformation
 
beranda > berita > detail berita
 

FABIONA GELAR SEMINAR BIOLOGI PERKOTAAN

Sudirgo, S.P. - 11 Nov 2015, 16:22 WIB
 
   
 
FABIONA GELAR SEMINAR BIOLOGI PERKOTAAN
Eksistensi manusia tidak akan luput dari lingkungannya yang dapat disebut ekosistem.
Jakarta [UNAS] - Dewasa ini sangat terlihat sekali besarnya nilai kerusakan lingkungan. Hal itu tergambarkan dari bencana seperti banjir dan kebakaran yang terjadi belakangan ini serta tidak terlepas dari berubahnya tata ekosistem, khususnya perkotaan.

Menanggapi hal tersebut, Fakultas Biologi Universitas Nasional yang berkerja sama dengan Persatuan Biologi Indonesia mengadakan Seminar Nasional yang bertemakan Biologi Perkotaan: Biologi untuk kehidupan yang harmonis alam dan manusia, Rabu (11/11).

Dekan Fakultas Biologi, Drs. Imran Said Lumban Tobing, M.S dalam sambutannya mengatakan,"aktivitas keseharian seperti industri yang hanya melihat dari satu sisi saja seperti ekonomi, akan merusak ekosistem. Harapannya dari kegiatan seminar ini, kita sebagai orang perkotaan dapat lebih memahami fungsi biologi dalam kehidupan perkotaan".

"Topik-topik yang diangkat untuk para pemakalah dan narasumber adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Biodiversitas, Lingkungan Hidup dan Pencemaran, Bioteknologi, dan Kesehatan Masyarakat", tutur Biolog yang juga Ketua Panitia Seminar itu, Dr Tatang Mitra Setia.

Topik bahasan pada seminar ini yaitu berasal dari beberapa keynote speaker seperti Tata kelola eko-transportasi menuju keharmonisan manusia, keanekaragaman hayati dan lingkungan oleh Prof. Dr. Ir. Sutanto Soehodo - Deputi Gubernur DKI Jakarta dengan pembahasan transportasi ramah lingkungan; Keanekaragaman hayati perkotaan untuk kualitas hidup manusia oleh Dr. Ir. Tarsoen Waryono, M.Si - UI dengan pembahasan keanekaragaman hayati di perkotaan, keanekaragaman hayati menunjang kualitas hidup dan manusia; serta Potensi tumbuhan obat perkotaan bagi masyarakat kota oleh Prof.Dr. Ernawati Sinaga, M.S, Apt. - UNAS dengan pembahasan keanekaragaman hayati tumbuhan obat di perkotaan, tumbuhan obat sebagai upaya alternatif pencegahan, dan penyakit pada masyarakat kota.

Dalam kata sambutannya, Ketua Persatuan Biologi Indonesia Pusat, Dr. Siti Nuramaliati Prijono menjelaskan, "eksistensi manusia tidak akan luput dari lingkungannya yang dapat disebut ekosistem. Keaneragaman hayati membuat tata lingkungan yang stabil, apabila hilangnya satu mata rantai maka ekosistem akan rusak dan membuat tata lingkungan yang baru. Kenapa negara berkembang lainnya dalam keanekaragaman hayati bisa maju? Ini dikarenakan sumberdaya manusianya memiliki kualitas pengetahuan yang sangat baik serta mengenal dan peduli lingkungan. Oleh karena itu, potensi keragaman hayati dan IPTEK harus bersinergi sehingga keseimbangan lingkungan terjaga. Dan Abad ini dapat dibilang abad biologi".

Menanggapi sambutan Ketua Persatuan Biologi Indonesia Pusat tersebut, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Nasional, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. Mengatakan, "berdasarkan dari sambutan ibu siti Nurmaliati saya sangat setuju dengan pernyataannya bahwa Abad ini sebetulnya abad biologi, tapi masih banyak dari kita sebagai biolog kurang dalam implementasinya dalam keseharian dan hanya masih dalam tahap teori-teori saja. Oleh karena itu, ketika acara ini mengusung tema biologi perkotaan, Universitas Nasional sangat mendukung kegiatan seminar ini".

Pada seminar nasional ini, ruangan dibagi menjadi 4 tempat yang berada di lokasi Universitas Nasional sebagai ruang seminar bagi dosen atau mahasiswa yang ingin menerangkan hasil penelitiannya dihadapan peserta.
 
 

Berita Lainnya


13/01/2016
Chung Ang University: 5 Tahun Sambangi Unas
05/01/2016
Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Pembuatan Tahu Bebas Bahan Pengawet
31/12/2015
Perubahan Struktur Pimpinan Universitas Nasional
22/12/2015
Razia Bersama, Kampus Universitas Nasional Bersih Narkoba
21/12/2015
RAZIA BERSAMA, KAMPUS UNAS BERSIH NARKOBA
30/12/2015
ABANAS Korea Terima Kunjungan Kaya University
15/12/2015
Kosakata Baru Untuk KBBI
11/12/2015
UNAS-UNISZA Kolaborasi Program Sukarelawan
10/12/2015
Bank Mandiri Seleksi Alumni UNAS Jadi Pegawai
10/12/2015
Seminar Peran Multidisiplin Ilmu Untuk Pembangunan Nasional
 
tentang unas
 
jenjang akademik
kemahasiswaan
kerjasama
p2m
 
 
 
Tentang Unas
 
Jenjang Akademik
Fakultas / Akademi
 
Badan / Biro
Kemahasiswaan
 
Layanan
Kerjasama
 
P2M
 
Tautan Lainnya

Find us:
unas
Jl. Sawo Manila, Pejaten
Ps. Minggu Jakarta 12520
 
Telp: (021) 7806700
Faks: (021) 7802718
Email: info@unas.ac.id
 
Soc-med & Feed
 
 
Follow UnasonUnas Google+
Unas on Youtube
 

  best viewed at 1024x768 resolution Design and constructed by BPSI © 2011-2012 Universitas Nasional, all right reserved.