unas
pioneering transformation
 
beranda > berita > detail berita
 

UNIVERSITAS NASIONAL KENALKAN INDONESIA LEWAT MINKAITAISHI

Sudirgo, S.P. - 06 Nov 2015, 16:54 WIB
 
   
 
UNIVERSITAS NASIONAL KENALKAN INDONESIA LEWAT MINK
Program ini merupakan satu-satunya program beasiswa duta sipil yang ada di Indonesia.Mahasiswa Universitas Nasional khususnya Program Studi Sastra dapat beasiswa ke Jepang untuk belajar.
Jakarta [UNAS] - "Tak Kenal Maka Tak Sayang". Sebuah pepatah yang tidak asing lagi di telinga kita.

Kali ini, Program Studi Sastra Jepang Universitas Nasional (UNAS) mengadakan kunjungan lagi ke Jepang guna memperkenalkan budaya yang ada di Indonesia. Kunjungan ini merupakan hasil kerjasama dengan Non-Profit Organization (NPO) yang ada di Jepang melalui beasiswa minkaitaishi pada tanggal 23 Oktober - 2 November 2015.

Menurut Wakil Dekan Fakultas Sastra UNAS, Dra. Ucuk Fadillah, M.Hum. mengutarakan, "beasiswa minkaitaishi merupakan program beasiswa yang memiliki tujuan membina atau meningkatkan hubungan diplomatik ditingkat kelompok masyarakat. Program ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia dan alhamdulillah Fakultas Sastra Jepang Universitas Nasional mendapatkan kesempatan itu".

Dalam kegiatan ini, Program Studi Sastra Jepang UNAS mengadakan hubungan langsung dengan siswa-siswi dari beberapa sekolahan tingkat dasar yang berada di kota Shimada, Jepang yang salah satunya SD Otsu dan Kanaya. Sebelumnya, Program Studi Sastra Jepang UNAS pun sudah berinteraksi dengan beberapa sekolah lainnya di kota Shakai, Osaka, Jepang melalui beasiswa ini selama 10 tahun silam.

Tema yang dijadikan bahan eksplorarsi kali ini yaitu Budaya Betawi yang merupakan hasil dari diskusi yang dilakukan oleh para penerima beasiswa. Mahasiswa yang beruntung menerima beasiswa ini adalah Heidy Nerissa Putri dan Irawan Ismansyah yang keduanya merupakan mahasiswa semester 8 Program Studi Sastra Jepang Universitas Nasional.

"Beasiswa ini merupakan hasil dari seleksi yang sangat ketat. Selain itu, persiapan yang dilakukan kurang lebih selama 5 bulan. Program ini merupakan program yang sangat bagus karena didalamnya mahasiswa diberikan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat sekitar yang salah satunya melalui home stay", ungkap Heidy Nerissa Putri (06/11).

"Pesan saya untuk mahasiswa-mahasiswi Universitas Nasional khususnya Sastra Jepang, apabila ingin mendapatkan beasiswa ini harus lebih giat lagi dalam mendalami bahasa jepang. Selain itu, harus belajar mempersiapkan naskah yang menarik", tutur Irawan Ismansyah, penerima beasiswa Minkaitaishi lainnya.

Di akhir wawancaranya Wakil Dekan Fakultas Sastra UNAS, Dra. Uccu Fadillah, M.Hum mengatakan, "kegiatan ini mendapatkan respon positif dari banyak pihak seperti, masyarakat, pemerintah kota Shimada maupun KBRI sendiri".
 
 

Berita Lainnya


13/01/2016
Chung Ang University: 5 Tahun Sambangi Unas
05/01/2016
Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Pembuatan Tahu Bebas Bahan Pengawet
31/12/2015
Perubahan Struktur Pimpinan Universitas Nasional
22/12/2015
Razia Bersama, Kampus Universitas Nasional Bersih Narkoba
21/12/2015
RAZIA BERSAMA, KAMPUS UNAS BERSIH NARKOBA
30/12/2015
ABANAS Korea Terima Kunjungan Kaya University
15/12/2015
Kosakata Baru Untuk KBBI
11/12/2015
UNAS-UNISZA Kolaborasi Program Sukarelawan
10/12/2015
Bank Mandiri Seleksi Alumni UNAS Jadi Pegawai
10/12/2015
Seminar Peran Multidisiplin Ilmu Untuk Pembangunan Nasional
 
tentang unas
 
jenjang akademik
kemahasiswaan
kerjasama
p2m
 
 
 
Tentang Unas
 
Jenjang Akademik
Fakultas / Akademi
 
Badan / Biro
Kemahasiswaan
 
Layanan
Kerjasama
 
P2M
 
Tautan Lainnya

Find us:
unas
Jl. Sawo Manila, Pejaten
Ps. Minggu Jakarta 12520
 
Telp: (021) 7806700
Faks: (021) 7802718
Email: info@unas.ac.id
 
Soc-med & Feed
 
 
Follow UnasonUnas Google+
Unas on Youtube
 

  best viewed at 1024x768 resolution Design and constructed by BPSI © 2011-2012 Universitas Nasional, all right reserved.