unas
pioneering transformation
 
beranda > berita > detail berita
 

UNAS-UNISZA Siap Kolaborasi Perkuat Kerjasama Internasional

Dian Metha Ariyanti M.Si - 29 Sep 2015, 18:10 WIB
 
   
 
UNAS-UNISZA Siap Kolaborasi Perkuat Kerjasama Inte
Universitas Nasional siap berkolaborasi dengan UNISZA, antara lain di bidang pertukaran pelajar, pertukaran staf atau dosen, kolaborasi di bidang akademik atau riset bersama hingga menjajaki kemungkinan dibukanya dual degree.
JAKARTA (UNAS) - Universitas Nasional menerima delegasi tamu dari Universiti Sultan Zainal Abidin (UNISZA), Malaysia. Delegasi yang dipimpin oleh Vice Chancellor atau President UNISZA, Prof. Datuk Dr. Yahya Ibrahim ini mendatangi Universitas Nasional untuk menjajaki kerjasama dengan UNAS sebagai universitas swasta tertua di Jakarta.

UNISZA merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di daerah Terengganu Malaysia. Kampus yang mempunyai 4 kampus tersebut memiliki sekitar 9000 mahasiswa yang terdiri dari 200 pelajar Internasional dari 23 negara. Dari jumlah tersebut 14 diantaranya adalah mahasiswa asal Indonesia. Untuk itu, UNISZA berniat untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing khususnya untuk program doktoral dan postdoctoral.

"Karena itu, kami mengundang dosen-dosen Universitas Nasional untuk datang dan belajar di UNISZA. Kami ada kerjasama dengan beberapa universitas di Jakarta, Bogor, Yogyakarta hingga Aceh. Tak hanya itu saja, kolaborasi dari segi riset hingga pengajaran juga sangat terbuka lebar. UNISZA sangat kuat di bidang ke-Islaman khususnya di bidang syariah dan Teknologi Informasi. Tapi kami juga punya banyak bidang studi yang sangat dimungkinkan untuk kerjasama," ungkap Prof. Datuk Dr. Yahya Ibrahim, saat bertemu dengan jajaran pimpinan UNAS, Selasa (29/9).

Mendengar paparan tersebut, rektor UNAS tertarik untuk mengirimkan dosen ke UNISZA dan akan menjajaki dibukanya program studi Ekonomi Syariah di Fakultas Ekonomi. "Melihat tren ke depannya, semua entitas bisnis akan mengikuti syariat Islam. Kita bisa kirim dosen untuk belajar di UNISZA, sebagai pelopor untuk dibukanya program studi Ekonomi Syariah di UNAS," papar Rektor.

Ia menambahkan, hal lain yang dapat dikolaborasikan kedua universitas, antara lain di bidang pertukaran pelajar, pertukaran staf atau dosen, kolaborasi di bidang akademik atau riset bersama hingga menjajaki kemungkinan dibukanya dual degree.

"Bisa dimungkinkan dibuka program Dual PhD. Belajar di UNAS 1,5 tahun, lalu di UNISZA 1,5 tahun dan mendapatkan ijazah dari kedua universitas," usul Prof. Saleh Aman, salah satu dosen UNAS yang berasal dari Malaysia.

Untuk itu, kedua universitas akan segera menindaklanjuti kerjasama ini melalui Memorandum of Understanding (MoU). Diharapkan, pada kunjungan UNAS ke UNISZA awal November nanti, kedua universitas telah sepakat menjalin kerjasama di berbagai bidang. (*mth)
 
 

Berita Lainnya


13/01/2016
Chung Ang University: 5 Tahun Sambangi Unas
05/01/2016
Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Pembuatan Tahu Bebas Bahan Pengawet
31/12/2015
Perubahan Struktur Pimpinan Universitas Nasional
22/12/2015
Razia Bersama, Kampus Universitas Nasional Bersih Narkoba
21/12/2015
RAZIA BERSAMA, KAMPUS UNAS BERSIH NARKOBA
30/12/2015
ABANAS Korea Terima Kunjungan Kaya University
15/12/2015
Kosakata Baru Untuk KBBI
11/12/2015
UNAS-UNISZA Kolaborasi Program Sukarelawan
10/12/2015
Bank Mandiri Seleksi Alumni UNAS Jadi Pegawai
10/12/2015
Seminar Peran Multidisiplin Ilmu Untuk Pembangunan Nasional
 
tentang unas
 
jenjang akademik
kemahasiswaan
kerjasama
p2m
 
 
 
Tentang Unas
 
Jenjang Akademik
Fakultas / Akademi
 
Badan / Biro
Kemahasiswaan
 
Layanan
Kerjasama
 
P2M
 
Tautan Lainnya

Find us:
unas
Jl. Sawo Manila, Pejaten
Ps. Minggu Jakarta 12520
 
Telp: (021) 7806700
Faks: (021) 7802718
Email: info@unas.ac.id
 
Soc-med & Feed
 
 
Follow UnasonUnas Google+
Unas on Youtube
 

  best viewed at 1024x768 resolution Design and constructed by BPSI © 2011-2012 Universitas Nasional, all right reserved.