unas
pioneering transformation
 
beranda > berita > detail berita
 

Universitas Nasional Dukung Hari Perdamaian Dunia

M. Ismail Adha / Dian Afriliani - 23 Sep 2015, 16:30 WIB
 
   
 
Universitas Nasional Dukung Hari Perdamaian Dunia
Acara hari perdamaian ini dihadiri oleh 20 organisasi dan 250 peserta dari 9 perwakilan agama di Indonesia serta didukung oleh beberapa Universitas termasuk Universitas Nasional
Di Hari Perdamaian Dunia, Universitas Nasional (Unas) ikut mendukung deklarasi indonesia bergerak menyelamatkan bumi (SIAGA bumi) yang diperingarti di Taman Perdamaian (Peace Park) komplek MPR/DPR/DPD RI Jakarta Senin 21 September 2015. Acara hari perdamaian ini dihadiri oleh 20 organisasi dan 250 peserta dari 9 perwakilan agama di Indonesia serta didukung oleh beberapa universitas termasuk Universitas Nasional.

Di awal acara, Elfransyah mengemukakan Indonesia dan Dunia perlu untuk menyatukan hati tentang kesadaran Sumber Daya Alam, karena manusia memiliki sifat serakah sehingga Hutan dan Alam ini menjadi rusak. Padahal kodratnya Alam ini di perintahkan sebagai amanah dan rahmat dari Tuhan. "The power of konsumen sebagai permintaan manusia dari pasar harus dipertanggungjawabkan oleh produsen dan diantara keduanya harus mengutamakan hal yang moderat supaya bermanfaat dan akhirnya kehutanan bertujuan untuk kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Dalam acara yang kedua yaitu Deklarasi Indonesia Bergerak dibuka oleh DR. Hayu Prabowo sebagai panitia tim siaga bumi. Turut hadir juga Prof. Din Syamsudin, salah satu tim penggerak siaga bumi yang memberi sambutan. "Siaga bumi diharapkan kepada kita untuk menciptakan perdamaian dimuka bumi, atau Indonesia bergerak menyelamatkan bumi", ungkap Din Syamsudin.

Disela acara Dr. Fachruddin Mangunjaya menuturkan bahwa Universitas Nasional mendukung hari Peringatan Perdamaian yang dilaksanakan di kompleks MPR. Menurutnya, kondisi Indonesia yang sudah parah karena masalah kebakaran hutan dan asap di dua pulau besar yaitu pulau Sumatera dan Kalimantan.

Menteri Kehutanan memberikan tiga hal penting yaitu ketika ada ancaman, keseimbangan antara ekonomi dan lingkungan disikapi dengan bertindak dari sekarang, sehingga kita dapat menikmati hal yang sama dimasa mendatang. Setiap landscape terkandung kehidupan dan ada jiwa di dalamnya, ekologi, hubungan kehidupan dengan alam dan ekonomi serta pengelolaan kelestarian hutan, sehingga harus dilestarikan dan kita jaga.

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan turut hadir dalam acara ini juga memberikan pesan. "Jangan ribut lagi, yang tidak ada substansi perdamaiannya, pendiri negeri ini meletakkan konsesus dasar. Memakmurkan dan mencerdaskan, yang akan memajukan bangsa. Indonesia seharusnya lebih maju karena memiliki sumber daya alam yang banyak dan sumber daya manusia yang pintar-pintar," ungkapnya.

Sembilan perwakilan agama di Indonesia seperti Islam, Kristen, Khatolik, Budha, Hindu, Kong Hu Chu mendukung kegiatan ini dengan semangat positif. Alam yang sudah di ciptakan untuk manusia harus dijaga, karena Alam yang luas ini merupakan amanah dari Tuhan. Semua diawali dari diri sendiri dengan cara berdamai dengan diri sendiri, alam serta sesama manusia.
 
 

Berita Lainnya


13/01/2016
Chung Ang University: 5 Tahun Sambangi Unas
05/01/2016
Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Pembuatan Tahu Bebas Bahan Pengawet
31/12/2015
Perubahan Struktur Pimpinan Universitas Nasional
22/12/2015
Razia Bersama, Kampus Universitas Nasional Bersih Narkoba
21/12/2015
RAZIA BERSAMA, KAMPUS UNAS BERSIH NARKOBA
30/12/2015
ABANAS Korea Terima Kunjungan Kaya University
15/12/2015
Kosakata Baru Untuk KBBI
11/12/2015
UNAS-UNISZA Kolaborasi Program Sukarelawan
10/12/2015
Bank Mandiri Seleksi Alumni UNAS Jadi Pegawai
10/12/2015
Seminar Peran Multidisiplin Ilmu Untuk Pembangunan Nasional
 
tentang unas
 
jenjang akademik
kemahasiswaan
kerjasama
p2m
 
 
 
Tentang Unas
 
Jenjang Akademik
Fakultas / Akademi
 
Badan / Biro
Kemahasiswaan
 
Layanan
Kerjasama
 
P2M
 
Tautan Lainnya

Find us:
unas
Jl. Sawo Manila, Pejaten
Ps. Minggu Jakarta 12520
 
Telp: (021) 7806700
Faks: (021) 7802718
Email: info@unas.ac.id
 
Soc-med & Feed
 
 
Follow UnasonUnas Google+
Unas on Youtube
 

  best viewed at 1024x768 resolution Design and constructed by BPSI © 2011-2012 Universitas Nasional, all right reserved.