unas
pioneering transformation
 
beranda > berita > detail berita
 

Wisuda Puluhan Mahasiswa Asing, Universitas Nasional Perkuat Kerjasama Internasional

Istimewa - 13 Sep 2015, 13:54 WIB
 
   
 
Wisuda Puluhan Mahasiswa Asing, Universitas Nasion
Universitas Nasional mewisuda 12 orang mahasiswa asing dari RRC dan menyambut puluhan mahasiswa asing lain yang datang untuk merajut ilmu di kampus perjuangan.
Jakarta [UNAS] - Universitas Nasional kembali menyelenggarakan wisuda periode II untuk tahun akademik 2014/2015 pada 13 September 2015 di Jakarta Conventional Centre (JCC). Berbeda dengan wisuda sebelumnya, kali ini Universitas Nasional melantik sejumlah mahasiswa asing yang telah berhasil menyelesaikan kuliahnya di Universitas Nasional.

Terdapat 12 orang mahasiswa asing yang berasal dari Republik Rakyat China, yang turut diwisuda kali ini. Mereka memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra program studi Bahasa Indonesia. Ke-12 orang telah menempuh perkuliahan di Universitas Nasional selama kurang lebih 2 tahun setelah sebelumnya mengambil diploma di negara asalnya. Kehadiran mahasiswa asing ini merupakan hasil kerjasama yang telah dibangun oleh Universitas Nasional dengan Guangxi University.

"Para mahasiswa asing ini berhasil lulus tepat waktu. Kerjasama yang kita jalin dengan Guangxi University memang meliputi pertukaran pelajar dan juga dosen, serta transfer kredit antara kedua belah pihak," ungkap Rektor Universitas Nasional, Dr. El Amry Bermawi Putera, Minggu (13/9).

Beberapa mahasiswa asing asal RRC yang ditemui, yaitu Liang Yuxue, Feng Bei, dan Meng Nayuan, bahkan mengungkapkan akan meneruskan jenjang magister di Universitas Nasional. "Saya meneruskan S2 Sains Manajemen di Unas. Di sini lingkungan akademik dan dosennya enak dan baik. Kualitasnya juga bagus," ungkap Liang Yuxue.

Tidak hanya Guangxi University, universitas lain di Republik Rakyat China (RRC) juga tetap mempercayakan mahasiswanya untuk belajar di berbagai program studi di Universitas Nasional. Untuk tahun akademik 2015/2016, RRC telah mengirim dua puluh delapan (28) orang mahasiswa belajar pada Program Studi S1 Ekonomi, S1 Hukum, S1 Bahasa dan Sastra serta pada Program Studi S2 Pascasarjana Ilmu Manajemen.

"Memang, kesulitannya awalnya dari bahasa, tapi akhirnya bisa sama-sama mengerti dan saling paham. Mereka juga bisa menyelesaikan skripsi seperti mahasiswa lainnya tepat waktu," ungkap Wakil Dekan Fakultas Ekonomi, Herry Krisnandi.

Selain itu, berbagai mahasiswa asing dari program Darmasiswa Republik Indonesia juga turut hadir pada acara wisuda kali ini. Delapan orang mahasiswa ini berasal dari universitas di dunia seperti Italia, Rusia, Uzbekistan, Korea Selatan, Kamboja, Thailand dan Timor Leste yang akan belajar Bahasa dan kebudayaan Indonesia di Universitas Nasional selama satu hingga dua semester, tahun ini.

Program Darmasiswa merupakan program pemerintah RI yang memberikan kesempatan kepada sedikit universitas terpilih di Indonesia untuk menerima mahasiswa asing. Di Jakarta, Universitas Nasional merupakan satu dari tujuh (7) universitas yang dipercaya untuk menjalankan program Darmasiswa dari pemerintah. Program ini telah dilaksanakan selama 10 tahun oleh Universitas Nasional.Hal ini menandakan bahwa Universitas Nasional masih dipercaya sebagai institusi pendidikan yang berkualitas tinggi oleh berbagai lembaga baik di tingkat nasional maupun Internasional.

Untuk itu, Universitas Nasional terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak. Di tingkat Internasional, Unas terus memperkuat kerjasama dengan universitas luar negeri, antara lain dengan Korea dan RRC. Unas belum lama ini mengirim tim kerjasama dan sejumlah mahasiswa untuk mengikuti Joint Summer Program ke Catholic University of Daegu pada 16-24 Agustus 2015. Tim ini juga membahas tentang peningkatan kerjasama melalui program pertukaran mahasiswa di bidang bahasa dan kebudayaan, program kredit transfer dan penjajakan program dual degree antara kedua universitas. Unas juga mengunjungi dua universitas lain di Korea yaitu Silla University dan Daegu University.

Selain itu, Unas juga akan mengirimkan delegasi ke China-ASEAN Vocational Education Exhibition and Forum 2015 di Nanning, China pada 18-19 September 2015. Eksibisi ini akan diikuti oleh 110 universitas, 80 kementrian dan dihadiri oleh menteri-menteri se-Asean dan China.

Peningkatan kerjasama tingkat Internasional juga terus digalakkan, seperti yang dilakukan Fakultas Teknik Komunikasi dan Informatika (FTKI) yang menjalin kerjasama dengan Southest Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMO SEAMOLEC) yaitu Organisasi Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara. Dengan adanya kerjasama ini, nantinya diharapkan dosen-dosen FTKI dapat melakukan penelitian di negara-negara yang tergabung dengan Seamolec. Tidak hanya itu, adanya kerjasama dengan Catholic University of Daegu Korea turut membuka kesempatan para dosen untuk melakukan penelitian di negara Korea, Jepang dan China.

Hibah PTS Sehat Murni
Universitas Nasional (Unas) kembali mendapat penghargaan dari kopertis wilayah III sebagai perguruan tinggi sehat, kategori sehat murni. Dengan penghargaan ini Unas menerima hibah senilai 800 juta untuk memperkuat laboratorium yang dimilikya. Hibah yang didapatkan Unas kali ini adalah kategori PTS sehat murni dari Kopertis Wilayah III.

"Dari 360-an PTS yang ada di kopertis wilayah III, hanya menjadi 99 PTS yang lulus seleksi. Unas merupakan salah satu dari 99 PTS yang terpilih sebagai kategori sehat murni", ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Iskandar Fitri, S.T.,M.T.

Hibah yang diberikan kepada Universitas Nasional dan Akademi Bahasa Nasional merupakan insentif untuk mengembangkan program studi yang ada di Kampus, yang kali ini diberikan kepada Fakultas Ilmu Kesehatan dan Akademi Bahasa Korea, yang diajukan Universitas Nasional sebelumnya.

Dalam kategori PTS sehat murni ini, hibah yang diberikan bukan berupa dana tunai, melainkan perlengkapan alat-alat untuk laboratorium senilai Rp 800 juta rupiah. Hibah ini ditujukan untuk laboratorium program studi Ilmu Keperawatan dan Laboratorium Bahasa Korea. Meskipun dalam membangun pelaksanaannya pemakaian laboratorium tidak dibatasi untuk program studi tertentu, namun diperbolehkan juga untuk program studi terkait seperti kebidanan, biomedik dan prodi bahasa lainnya.

Iskandar berharap pemberian hibah tersebut menjadi langkah awal bagi kampus untuk memiliki Laboratorium berbasis penjaminan mutu. "Idealnya laboratorium nanti akan produktif dan menjadi profit center bagi Unas serta role model untuk program studi lainnya. Ini bisa menjadi berliannya Unas juga menjadi daya tarik di mata masyarakat, yang berguna untuk kemaslahatan hidup orang banyak," ujarnya.
--selesai--

Tentang Universitas Nasional
Dapat dilihat dari website berikut : www.unas.ac.id

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Dian Metha Ariyanti
Manajer UPT Marketing & PR
Universitas Nasional
Tlp. 021-7806700
Fx. 021-7802718
Email: metha_mpr@civitas.unas.ac.id
pr@civitas.unas.ac.id
 
 

Berita Lainnya


13/01/2016
Chung Ang University: 5 Tahun Sambangi Unas
05/01/2016
Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Pembuatan Tahu Bebas Bahan Pengawet
31/12/2015
Perubahan Struktur Pimpinan Universitas Nasional
22/12/2015
Razia Bersama, Kampus Universitas Nasional Bersih Narkoba
21/12/2015
RAZIA BERSAMA, KAMPUS UNAS BERSIH NARKOBA
30/12/2015
ABANAS Korea Terima Kunjungan Kaya University
15/12/2015
Kosakata Baru Untuk KBBI
11/12/2015
UNAS-UNISZA Kolaborasi Program Sukarelawan
10/12/2015
Bank Mandiri Seleksi Alumni UNAS Jadi Pegawai
10/12/2015
Seminar Peran Multidisiplin Ilmu Untuk Pembangunan Nasional
 
tentang unas
 
jenjang akademik
kemahasiswaan
kerjasama
p2m
 
 
 
Tentang Unas
 
Jenjang Akademik
Fakultas / Akademi
 
Badan / Biro
Kemahasiswaan
 
Layanan
Kerjasama
 
P2M
 
Tautan Lainnya

Find us:
unas
Jl. Sawo Manila, Pejaten
Ps. Minggu Jakarta 12520
 
Telp: (021) 7806700
Faks: (021) 7802718
Email: info@unas.ac.id
 
Soc-med & Feed
 
 
Follow UnasonUnas Google+
Unas on Youtube
 

  best viewed at 1024x768 resolution Design and constructed by BPSI © 2011-2012 Universitas Nasional, all right reserved.